Memahami Apa Itu Content Marketing dan Strategi Bisnisnya

Dalam dunia marketing online, Anda harus paham apa itu content marketing karena konten adalah raja atau kunci utama dalam bisnis. Bisnis apapun yang sedang Anda geluti, jika konten dan isinya tidak menarik, maka bisa sia-sia tanpa membuahkan hasil.

Sebaliknya, konten yang dirilis secara rutin dengan tema dan topik yang menarik akan mengundang lebih banyak audience. Blog yang sepi pengunjung tidak akan bisa berguna bagi bisnis yang dijalankan. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan berbagai macam strategi content marketing yang cerdas dan inovatif.

Belajar Memahami Apa Itu Content Marketing

Pixabay.com

Pengertian dari content marketing adalah strategi pemasaran atau marketing yang fokus untuk membuat dan mendistribusikan konten. Tujuan utamanya untuk mendapatkan audience sehingga lebih banyak yang mengunjungi website dan berpengaruh pada bisnis. Ada dua elemen penting yang mempengaruhi kualitas konten, berikut ini penjelasannya, antara lain:

  1. Memenuhi Tiga Syarat Utama

Tiga syarat utama dalam membuat content marketing yaitu konten harus penting/bermanfaat, relevan dengan bisnis dan konsisten. Dengan begitu, konten yang Anda buat bisa menarik para audience hingga akhirnya suka membaca konten-konten yang disuguhkan pada website terkait.

  1. Mencapai Tujuan Content Marketing

Setelah berhasil merebut hati audience dengan membuat konten yang menarik, saatnya Anda mencapai tujuan utama membuat content marketing. Tujuannya yaitu mengonversi audience menjadi pelanggan bisnis Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda bisa menggiring audience untuk tertarik dan membeli produk/jasa yang dijual.

Berikut ini beberapa fakta dari Demand Metric yang menyatakan bahwa content marketing sangat efektif, antara lain:

  • Mendapatkan 3 kali lebih banyak leads dibandingkan marketing tradisional
  • Biaya content marketing lebih kecil dari pemasaran tradisional, hingga 62%
  • 70% konsumen lebih tertarik untuk mengenal brand melalui konten daripada iklan
  • 82% responden memiliki pengalaman dan opini positif melalui content marketing
  • 72% responden lebih mudah membangun koneksi/relationship dengan brand melalui content marketing yang dibuat

Selain itu, banyak hal yang akan Anda dapatkan dengan membuat content marketing yang menarik. Keuntungan tersebut meliputi brand awareness, SEO lebih optimal, memperluas target konsumen, mempengaruhi konversi dan membangun loyalty.

Strategi Bisnis dengan Mengoptimalkan Content Marketing

Pixabay.com

Untuk membantu mengembangkan bisnis, Anda bisa melakukan tujuh strategi content marketing di bawah ini, antara lain:

  1. Tentukan Tujuan

Sebelum benar-benar menjalankan strategi content marketing, Anda harus paham dulu apa itu content marketing serta menentukan apa tujuannya. Dengan adanya tujuan yang jelas, Anda bisa lebih optimal dalam membuat perencanaan konten yang tepat.

  1. Research Buyer Persona

Setelah itu, Anda bisa melakukan research buyer persona yaitu mencari tahu target audience sehingga bisa membuat konten yang relevan. Hal ini bisa dilakukan secara rutin, misalnya satu tahun sekali untuk merefleksikan kembali target audience dan mengevaluasi strategi marketing Anda.

  1. Audit Konten

Melancarkan strategi content marketing bukan hanya rutin membuat konten untuk para audience, tetapi Anda juga bisa melakukan audit dan evaluasi. Misalnya, dari banyaknya konten yang sudah Anda buat bisa dijadikan e-book atau dibuat konten rangkuman. Hal ini juga bisa menarik perhatian audience dan meningkatkan konversi.

  1. Pilih CMS yang Tepat

CMS (Content Management System) sangat beragam dan harus dipelajari dengan baik agar bisa menggunakan CMS yang tepat dan benar-benar berguna. Dalam memilih CMS bisa dipertimbangkan fitur-fitur dalam pembuatan, penerbitan dan menganalisa konten.

  1. Brainstorming Ide Konten

Nah, dalam membuat konten pasti ada masa dimana Anda kehabisan topik dan mulai brainstorming berpikir sejenak untuk menciptakan konten baru. Ada beberapa aplikasi yang bisa membantu yaitu Hub Spot Website Grader, What To Write, Feedly, BuzzSumo, Content Forest dan lain-lain.

  1. Tentukan Jenis Konten

Seperti yang dijelaskan bahwa konten harus relevan dengan topik bisnis, maka Anda harus bisa memilih jenis konten yang tepat pula. Jenis konten meliputi blog post, e-book, template, info grafis, video, podcast, review, giveaway, quotes, polling dan lain sebagainya.

  1. Kelola Konten

Nah, jika semua hal sudah berhasil Anda lakukan, jangan lupa untuk tetap melakukan pengawasan dan pengelolaan konten. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat kalender editorial yang berisi kebutuhan produksi, promosi dan semua perencanaan terkait konten.

Itulah beberapa hal yang harus Anda pahami tentang apa itu content marketing dan bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis. Para pengusaha jasa website seperti Atlanta SEO Company juga pasti melakukan hal yang sama untuk mengoptimalkan SEO klien mereka. Strategi content marketing menjadi senjata ampuh untuk menarik konsumen dan sebagai investasi untuk mengembangkan bisnis jangka panjang.