Desain Taman Samping Rumah Yang Mampu Menyejukkan Mata

 

Desain taman samping rumah bisa menjadi solusi untuk memiliki taman rumah yang asri dan indah. Wajar saja jika kini konsep rumah modern selalu ada tamannya. Baik itu di depan, di samping, maupun di belakang rumah.

Keberadaan sebuah taman di rumah memang banyak sekali manfaatnya. Selain bisa mempercantik eksterior hunian, taman juga memiliki banyak fungsi lainnya. Salah satu contoh paling sederhananya adalah sebagai obat stres.

Sayangnya tidak semua hunian memiliki sisa lahan yang luas. Mungkin sangat gampang jika membuat desain sebuah taman pada lahan yang luas. Namun berbeda jika lahan yang tersisa hanya beberapa meter saja. Namun jangan putus asa terlebih dahulu. Sebab Anda bisa membuat taman di samping rumah.

Taman dengan Pot Dinding

Sisa lahan yang ada di samping rumah umumnya tidak terlalu luas. Dari pada dibiarkan begitu saja, kenapa Anda tidak mencoba memaksimalkannya. Membuat taman minimalis misalnya. Taman di samping rumah meskipun tidak terlalu besar akan tetap menarik dan cantik jika didesain dengan tepat. Misalnya saja Anda memilih konsep taman dengan pot di dinding.

Agar taman minimalis samping rumah tidak terkesan ramai dan sesak, pemilihan tanaman hiasnya pun harus diperhatikan betul. Namun yang paling penting adalah pilihlah jenis tanaman hias yang cocok jika ditanam pada pot dinding.

Dischidia Geri adalah salah satu jenis tanaman hias yang bisa Anda pilih. Selain itu tanaman hias bernama Tradescantia pun cocok untuk dipertimbangkan. Ada juga Dischidia Nummularia Variegeta yang akan membuat taman samping rumah semakin eksotis.

Kemudian ada lagi tanaman hias bernama Sedum Morganianum. Lalu Creeping Charlie juga bisa Anda pertimbangkan. Bunga Anggrek pun sebenarnya juga cocok untuk Anda pilih. Sirih Blaster Heart dan Sirih Marble juga sangat cocok untuk dipilih.

Taman Samping Rumah dengan Kolam

Kolam ikan minimalis dengan tambahan dekorasi alami bisa menjadi alternatif desain taman samping rumah. Beberapa aksesoris wajib yang harus ada adalah batu alam, pepohonan yang berukuran sedang yang rindang, dan air mancur sederhana.

Taman samping rumah sederhana seperti ini dijamin mampu menciptakan suasana samping rumah yang serba segar. Desain seperti ini umumnya lebih didominasi oleh kolam ikan. Beberapa bunga dan tanaman dihadirkan agar taman terasa lebih hidup.

Anda pun bisa meletakkan aneka ragam tanaman hias yang Anda inginkan. Meskipun demikian, jika memang sudah tidak ada lagi tempat untuk menaruh tanamannya, alternatifnya bisa menggunakan pot gantung maupun pot dinding.

Taman Samping Rumah Modern

Ada cukup banyak ide landscape taman samping rumah yang bisa Anda pilih. Mystargarden termasuk salah satu sumber ide terbaik untuk urusan landscape taman samping rumah. Baik untuk taman samping rumah dengan lahan yang luas. Atau taman samping rumah minimalis modern.

Salah satu konsep idenya misalnya saja dengan cara melapisi bagian dasar taman dengan rumput hijau. Setelah itu pasang beberapa paving block berjejer. Nantinya pada bagian pinggirnya Anda bisa menanam aneka jenis bunga. Tujuannya agar suasana taman lebih hidup dan indah.

Ada cukup banyak jenis bunga yang bisa Anda pilih untuk mempercantik taman samping rumah Anda. Mulai dari bunga melati, petunia, bugenvil, bunga sepatu, mawar, iris, tulip, anggrek, kembang sepatu, dan lain sebagainya.

Selain itu Anda pun bisa menanam beberapa pohon yang tidak terlalu besar. Tujuannya agar taman terasa lebih hidup. Misalnya saja seperti bambu kuning, bambu jepang, cemara lilin, cemara kipas, cemara udang/cemara laut, dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk memasang juga lampu taman untuk penerangan saat malam hari. Untuk desain lampu tamannya sendiri, bisa Anda pilih sesuai dengan yang Anda inginkan. Dengan demikian pesona taman samping rumah Anda akan selalu eksotis baik di siang maupun malam hari.

Taman Kering Samping Rumah

Konsep taman kering juga bisa Anda pilih saat membuat taman samping rumah. Komponen taman kering sederhana biasanya terdiri dari dominasi batu koral, ragam tanaman perdu, dan semak.

Hal ini dikarenakan tidak banyak menggunakan tanaman hijau maupun pepohonan, taman kering pun bisa diaplikasikan pada lahan terbatas. Taman kering ini sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat taman.

Pasalnya taman kering tidak perlu disiram setiap hari. Mungkin bisa 3 atau seminggu sekali. Tergantung jenis tanaman hias yang ditanam. Palem putri atau Sansevieria adalah contoh jenis tanaman hias yang cocok untuk Anda yang menginginkan desain taman kering samping rumah.