Pentingnya Komunikasi Organisasi

Komunikasi menjadi hal yang sangat vital bagi keberlangsungan organisasi. Iya sebuah organisasi tidak akan berjalan tanpa adanya komunikasi yang baik. Untuk itu maka studi tentang komunikasi organisasi menjadi hal yang penting. Iya mengingat di dalam suatu organisasi terdiri dari beberapa orang dengan tugasnya masing-masing yang mana tugas tersebut saling berkaitan sebagai suatu sistem. Nah agar kinerja masing-masing bagian dalam organisasi bisa berjalan dengan lancar, maka perlu adanya komunikasi organisasi yang baik.

Organisasi memang merupakan unsur yang tidak dapat dipisahkan dalam berbagai aspek mulai dari organisasi keluarga, organisasi massa, hingga organisasi perusahaan seperti konveksi baju.

Elemen Organisasi

Secara umum sebuah organisasi memiliki beberapa elemen yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • The operating core. Yakni terdiri dari anggota organisasi atau pegawai yang melaksanaan pekerjaan dasar yang berkaitan dengan produksi baik itu barang atau jasa.
  • The strategic apex. Yakni seorang pemimpin atau manajer teratas yang memiliki tanggung jawab penuh atas sebuah organisasi.
  • The middle line. Yakni para manager yang dapat menjadi penghubung antara operating core dengan strategic apex.
  • The technostructure. Yakni mereka yang bertugas untuk melaksanakan sebuah bentuk standarisasi secara khusus dalam sebuah organisasi.
  • The staff support. Yakni anggota organisasi yang mengisi unit staf yang memberikan jasa untuk mendukung berjalannya sebuah organisasi.

Seperti yang kita ketahui, bahwa sebuah organisasi tentu memiliki beberapa unit yang saling berhubungan untuk menjalankan kerjasama. Untuk itu maka komunikasi organisasi menjadi hal yang penting. Iya komunikasi organisasi merupakan suatu proses pertukaran informasi yang terjadi antara orang-orang dalam sebuah organisasi. Dalam komunikasi organisasi terdapat 4 tahapan komunikasi yang meliputi atensi atau perhatian, komprehensi, kebenaran fakta, dan retensi.

Fungsi Komunikasi Organisasi

Dalam keberlangsungan organisasi, komunikasi menjadi hal yang paling vital. Komunikasi organisasiĀ  memiliki beberapa fungsi dalam organisasi yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Fungsi Informatif

Organisasi bisa juga diartikan sebagai sebuah sistem pemrosesan informasi yang mana setiap anggota organisasi diharapkan mampu memberikan serta mendapatkan informasi dengan baik sehingga proses menjalankan tugas pun dapat berjalan dengan lancar.

  • Fungsi Regulatif

Fungsi komunikasi organisasi dalam hal ini berkaitan dengan peraturan-peraturan dan juga pedoman yang berlaku dalam suatu organisasi.

  • Fungsi Persuasif

Dalam hal ini, komunikasi berfungsi sebagai perintah. Memang pada umumnya pemimpin organisasi lebih banyak menggunakan cara persuasi dari pada perintah kepada bawahan. Hal ini digunakan karena mempertimbangkan penggunaan cara yang lebih halus akan membuat seorang lebih menghargai tugas yang dibebankan kepadanya.

  • Fungsi Integratif

Fungsi komunikasi dalam hal ini berkaitan dengan penyedian saluran yang memungkinkan setiap anggota organisasi untuk dapat melaksanakan tugas dan pengerjaannya dengan baik.

Konsep Komunikasi

Komunikasi organisasi adalah suatu proses menciptakan dan saling menukar pesan antara anggota satu dengan yang lainnya. Dalam komunikasi terdapat beberapa konsep yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Proses

Organisasi adalah suatu sistem yang terbuka dan dinamis. Untuk itu proses menjadi hal yang dibutuhkan untuk dapat menciptakakn dan saling menukar pesan diantara anggotanya.

  • Pesan

Pesan menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Seluruh anggota organisasi harus dapat memberikan serta menerima pesan dengan baik. Pesan yang baik yaitu pesan yang dapat diterima sesama anggota organisasi.

  • Jaringan

Organisasi bisa diibaratkan sebagai sebuah jaringan yang terdiri dari serangkaian seri. Dalam hal ini seri terdiri dari sekumpulan orang yang menduduki posisi atau jabatan tertentu yang berbeda-beda. Nah sekumpulan bagian tersebut kemudian menjalankan tugas, fungsi, serta peran masing-masing dalam sebuah organisasi.

  • Saling tergantung

Saling tergantung merupakan sifat organisasi sebagai suatu sistem terbuka. Nah ketergantungan ini dibutuhkan jika suatu bagian tidak berfungsi sebagaimana mestinya yang kemudian akan mengganggu kinerja dari bagian yang lain.

  • Hubungan

Organisasi sebagai suatu sistem sosial yang mana fungsi dari beberapa bagian tersebut dijalankan oleh manusia bergantung kepada hubungan diantara manusia-manusia itu sebagai anggotanya.

  • Lingkungan

Lingkungan merupakan semua totalitas baik itu fisik atau sosial yang diperhitungkan dalam pengambilan keputusan mengenai individu dalam sebuah sistem yang disebut sebagai organisasi. Nah lingkungan ini dapat dibedakan atas lingkungan internal dan juga eksternal organisasi.

  • Ketidakpastian

Komunikasi organisasi dalam hal ini menjadi ketidakpastian untuk memenuhi ketersediaan informasi yang tersedia serta informasi yang diharapkan.

Komunikasi dalam organisasi juga memiliki beberapa arah mulai dari arah kebawah yang merupakan alur komunikasi yang mengalir dari individu pada tingkat hierarki atas kepada individu yang berada dalam tingkat hierarki bawah. Kemudian komunikasi keatas yang merupakan arah dan juga alur komunikasi yang dapat membawa informasi dari tingkat bawah menuju ke tingkat atas dalam suatu organisasi. Selanjutnya ada komunikasi horizontal yang merupakan komunikasi yang memiliki beberapa fungsi dalam organisasi.

Selain itu, komunikasi organisasi juga memiliki beberapa bentuk mulai dari bentuk komunikasi internal yang merupakan komunikasi yang berlangsung dalam unit-unit, individu-individu dalam internal organisasi. Komunikasi internal disini meliputi dua aspek yakni komunikasi personal dan komunikasi kelompok. Kemudian ada juga komunikasi eksternal yang merupakan komunikasi yang terjadi antara organisasi dengan khalayak diluar organisasi. Yang jelas komunikasi organisasi menjadi hal yang penting dalam berbagai tingkatan organisasi mulai dari organisasi paling rendah, hingga organisasi yang ada pada tingkat perusahaan seperti konveksi baju.