7 Langkah Mudah Menanam Cabe

Setiap orang di Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan cabe. Cabe merupakan salah satu bumbu dapur yang dijadikan bahan utama dalam membuat sambal. Cabe memilikiĀ  harga yang relatif naik turun, sehingga banyak orang mencoba cara menanam cabe di rumah agar lebih hemat. Cara menanam cabe di rumah juga cukup sederhana dan bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan. Berikut ulasannya:

  1. Menentukan lokasi

Menentukan lokasi menjadi hal krusial guna memastikan tumbuh kembang tanaman cabe. Oleh sebab itu sebelum menanamnya pastikan anda sudah menentukan lokasi yang tepat. Anda bisa memilih bagian rumah yang agak luas, seperti pekarangan, halaman belakang, samping rumah atau menanamnya di pot.

  1. Memilih bibit cabe

Selanjutnya adalah memilih bibit cabai yang berkualitas agar menghasilkan tanaman cabe yang sehat. Caranya cukup dengan mengupas cabe yang terlihat segar, kemudian ambil isinya dan jemur sampai kering. Tetapi jika anda tidak mau repot, maka anda bisa langsung membeli bibit cabai yang dijual di toko terdekat.

  1. Menyemai cabe

Sebelum menyemai rendam dahulu bibit selama 3 jam. Kemudian siapkan polybag yang sudah diisi dengan tanah dan pupuk. Tanam bibit lalu tutupi dengan tanah dan siram setiap hari.

  1. Menanam cabe

Jika bibit sudah berusia 4 minggu maka saatnya tanaman cabe dapat dipindahkan pada lahan yang sudah disiapkan. Saat melepaskan bibit dari polybag berhati-hatilah agar tidak rusak. Untuk media tanam gunakanlah tanah, pupuk dan sekam dengan perbandingan 3:2:1.

  1. Pemupukan cabe

Seiring denngan pertumbuhan tanaman cabe maka jangan lupa untuk rutin member pupuk. Anda bisa memberikan pupuk kompos agar tanaman cabai lebih organic.

  1. Perawatan cabe

Perawatan tanaman cabe dilakukan dengan menyiramnya secara teratur setiap hari. Kemudian anda juga perlu menyianginya jika ada tumbuhhan yang mengganggu pertumbuhan tanaman cabe.

  1. Panen

Untuk jenis tanaman cabe rawit, biasanya dalam waktu sekitar 60-80 hari sudah dapat dipanen. Proses panen ini dapat dilakukan terus menerus selama 3 atau 4 hari tergantung dengan seberapa banyak cabe yang anda tanam.