Kandungan Nutrisi Serta Manfaat Buah Bidara Bagi Kesehatan Fisik Dan Mental

Bidara adalah nama buah yang tumbuh dari pohon yang memiliki nama latin Ziziphus mauritiana yang dapat ditemukan di daerah-daerah yang kering. Buah bidara memiliki nama yang berbeda-beda tergantung dari daerahnya, ada yang menyebutnya sebagai kurma India, Jujube, kurma Tiongkok, Thao nuc dan lain sebagainya. Ciri yang paling terlihat dari tanaman ini adalah ia mampu tumbuh dalam kondisi cuaca yang berbeda-beda, walaupun begitu tanaman ini lebih senang tumbuh di daerah yang panas dan kering dengan suhu 37 – 48°C.

Bagian pohon yang paling sering dimanfaatkan adalah daun dan juga buahnya. Daunnya sendiri mengandung berbagai senyawa seperti glikosida dan juga serat yang mampu membantu menurunkan kolesterol. Sedangkan buahnya mengandung banyak vitamin dan mineral.

Nutrisi Yang Terkandung Dalam Buah Bidara

Di Bali, buah bidara dikenal dengan nama bekul. Buah ini memiliki bentuk bulat dengan kulit yang halus dan berwarna hijau mengkilap, namun ketika sudah matang akan berwarna merah seperti tomat. Walaupun kulitnya berwarna merah, namun daging buahnya tidak berwarna merah seperti tomat, melainkan berwarna putih dengan rasa yang manis.

Dalam buah yang berukuran kecil ini terdapat banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Setiap 100 gram buah bidara terdapat air (81,6 – 83,0 gram), protein (0,8 gram), serat (0,60 gram), vitamin C (65,8 – 76,0 mg), karbohidrat (17 gram), Lemak (0,07 gram), gula total (5,4 – 10,5 gram), fosfor (26,8 mg), abu (0,3 – 0,59 gram), zat besi (0,76 – 1,8 mg) dan kalsium (25,6 mg). Tidak hanya itu saja, buah bidara juga mengandung tiamin (0,02 – 0,024 mg), niasin (0,7 – 0,873 mg), karoten (0,021 mg), asam sitrat (0,2 – 1,1 mg) dan riboflavin (0,02 – 0,038 mg).

Manfaat – Manfaat Buah Bidara

Buah dengan sebesar telapak tangan berwarna kemerahan ini tidak hanya kaya akan nutrisi, namun juga kaya akan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat-manfaat buah bidara dalam meningkatkan kualitas hidup seseorang:

  1. Sebagai antioksidan

Kebutuhan Vitamin C setiap orang bisa berbeda-beda, namun rata-rata setiap orang membutuhkan 60 – 96 mg Vitamin C per hari, dengan konsumsi maksimal 2.000 mg per hari. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Selain itu Vitamin C mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Banyak sekali kegunaan Vitamin C, vitamin ini tidak hanya dikonsumsi saja namun juga banyak ditambahkan dalam berbagai produk kecantikan, karena Vitamin C juga dapat membantu mencegah penuaan dini. Buah bidara kaya akan Vitamin C dan antioksidan lainnya seperti polisakarida, flavonoid dan juga asam triterpenic.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Antioksidan yang terdapat dalam buah bidara mampu memperbaiki kualitas tidur yang buruk sehingga dapat membantu mencegah terjadinya gangguan selama proses tidur. Dilansir dalam Healthline, terdapat penelitian yang menjelaskan manfaat buah bidara dalam meningkatkan kualitas tidur.

  1. Membantu dalam perang melawan sel kanker

Dalam penelitian Pharmacognosy review tahun 2015 lalu, buah bidara diketahui memiliki potensi sebagai anti kanker. Dalam jurnal tersebut dikatakan bila senyawa bioaktif yaitu asam triterpenic dan juga polisakarida mampu membantu memerangi sel kanker. Bila dikembangkan menjadi obat-obatan, senyawa dalam buah bidara mampu menjadi sumber potensial untuk memerangi sel kanker.

  1. Mengurangi kecemasan

Anxiety atau gangguan kecemasan yang parah mampu mempengaruhi kualitas hidup seseorang, bahkan membuat pengidap kecemasan menjadi tidak bisa bekerja ataupun melakukan pekerjaan harian lainnya. Dikutip dalam Very Well Health, tahun 2000 lalu terdapat sebuah penelitian dalam Journal of Ethnopharmacology bahwa dalam ekstrak yang diambil dari buah bidara terdapat senyawa yang memiliki efek sebagai penenang sehingga mampu membantu mengurangi kecemasan.

  1. Meningkatkan kualitas paru-paru

Maksud dari meningkatkan kualitas paru-paru adalah buah bidara mampu membantu mengencerkan dahak ketika anda sedang sakit batuk berdahak, bronkitis maupun faringitis. Dipercaya bahwa manfaat ini karena senyawa yang bernama alkaloid, saponin dan triterpenoid yang ada dalam buah bidara.

  1. Membantu mengobati penyakit diabetes

Sebuah penelitian dalam Natural Product Communications tahun 2013 menunjukkan bahwa buah bidara memiliki potensi sebagai obat diabetes. Hal tersebut karena kandungan dalam buah bidara dapat bekerja dengan membantu sel-sel tubuh untuk memanfaatkan gula dalam darah serta membantu mencegah meningkatkan kadar gula dalam darah.

Masih banyak manfaat lain yang dimiliki buah bidara, misalnya saja untuk membantu mengobati tekanan darah tinggi, membantu menghilangkan kelelahan, membantu menurunkan demam dan lain sebagainya. Buah ini aman untuk dikonsumsi, namun sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi buah bidara apabila anda sedang menggunakan obat-obatan SSNRI (Serotonine Noreponephrine Reuptake Inhibitors) ataupun obat antidepresan Venlafaksin. Karena kandungan dalam buah bidara dapat mengganggu kerja obat sehingga menyebabkan efek-efek yang tidak diinginkan.

Kalau anda ingin mengkonsumsi buah bidara, anda bisa mengeringkannya lalu memakannya seperti camilan atau anda bisa mengolahnya menjadi jenis makanan lain karena buah ini cukup manis. Jika anda ingin mengetahui manfaat dari buah bidara lainnya, ataupun manfaat dari jenis buah-buah lainnya yang ada di Indonesia anda bisa mengunjungi seruni.id.