Cara Mudah Agar Laptop Tidak Lemot

Di era global saat ini, banyak orang meninggalkan perangkat PC atau computer desktop dan mulai beralih ke laptop. Laptop merupakan salah satu perangkat elektronikĀ  yang dibutuhkan secara primer. Laptop ini dibutuhkan untuk menunjang aktivitas Anda sehari-hari. Hal ini dikarenakan laptop dinilai lebih praktis dan efisien dibandingkan komputer PC.

Fungsi laptop yang melebihi perangkat elektronik lainnya seperti handphone ini biasanya digunakan untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Pekerjaan tersebut seperti mengedit video. Selain itu juga untuk mengetik tugas kantor, kuliah atau mengetik artikel yang panjang. Namun, laptop juga tidak bisa lepas dari berbagai permasalahan.

Tips Agar Laptop Tidak Lemot

Salah satu permasalahannya ialah laptop yang setiap hari digunakan performanya perlahan akan menurun alias lemot. Bagi Anda yang aktif menggunakan laptop, mendapati laptop yang tiba-tiba lemot pasti akan menjengkelkan. Berbagai cara pasti akan Anda lakukan agar penyebab laptop lemot dapat segera di atas. Berikut cara agar laptop tidak lemot berdasarkan Best AREight

  • Uninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan

Banyaknya aplikasi pada laptop Anda akan membuat kapasitas penyimpanan di Drive C akan penuh. Hal tersebut membuat sistem akan menjadi lama dalam membaca hardisk. Selain itu juga dapat membuat kinerja laptop Anda menurun. Anda harus menyeleksi aplikasi mana saja yang benar-benar tidak Anda gunakan atau jarang Anda pakai.

Kemudian, Anda uninstall aplikasi-aplikasi yang jarang Anda gunakan tersebut. Anda cukuo menyimpan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan menghapus atau uninstall aplikasi-aplikasi tersebut dapat mengurangi lemot pada laptop Anda.

  • Bersihkan Dekstop

Banyaknya aplikasi yang diletakkan di desktop juga merupakan salah satu penyebab laptop menjadi lemot. Apabila memiliki laptop dengan kapasitas memori yang besar maka tidak akan menjadi masalah. Tetapi jika terlalu banyak aplikasi pada desktop, terkadang laptop sulit untuk dalam merespon apa saja yang Anda kerjakan

Usahakn jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada laptop. Sebab aplikasi tersebut menjadi working in background yang dapat memakan kapasitas RAM.

  • Gunakan antivirus

Virus pada laptop menjadi salah satu pemyakit yang membuat laptop menjadi lemot. Di sini, Anda cukup menggunakan satu antivirus dalam satu laptop. Jangan pernah Anda menggunakan berbagai antivirus dalam satu laptop. Hal tersebut juga dapat menambah beban pada sistem penyimpanan laptop Anda yang akhirnya mengurangi kinerja laptop Anda.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi. Gunakan aplikasi antivirus dengan semestinya dan seperlunya,

  • Gunakan aplikasi seperlunya

Penggunaan RAM yang berlebihan juga menjadi salah satu penyebab laptop menjadi lemot. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda terlalu banyak membuka aplikasi yang berat dalam sekali running. Misal, bermain game sambil memutar playlist musik. Maka dari itu, lakukanlah pembersihan RAM komputer dengan meutup aplikasi.

Anda juga bisa menggunakan task manager untuk hal tersebut. Selain itu jika Anda terlalu memaksakan install aplikasi padahal laptop Anda tidak mampu menampung atau menerima aplikasi tersebut. Maka Anda harus bersiap-siap jikalau laptop Anda menjadi lemot.

  • Remove aplikasi di Startup

Startup merupakan suatu aplikasi saat dimana laptop mulai beroperasi. Biasanya ketika laptop melakukan startup, aplikasi yang akan berjalan adalah aplikasi penting seperti antivirus. Jangan terlalu banyak aplikasi yang masuk ke dalam startup. Hal ini juga dapat menyebabkan working in background yang dapat memakan kapasitas dari RAM.

  • Rajin dalam menscanning virus

Scanning virus dapat mengurangi penyakit lemot pada laptop Anda. Sebab beberapa virus dapat menyebabkan berkurangnya memori pada RAM, sehingga memicu laptop menjadi lemot.

  • Menambah kapasitas RAM

Anda apat menambah kapasitas RAM agar laptop Anda tidak lemot.Namun, Anda tidak boleh asal dalam memilih kapasitas RAM. Anda harus memperhatikan spesifikasi seperti RAM DDR3, RAM DDR3L, serta RAM DDR4. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kapasitas maksimal RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop Anda.

  • Lakukanlah pembersihan Drive C

Jika laptop Anda sudah berusia di atas 3 tahun maka kinerjanya pasti semakin lama semakin menurun. Oleh karena itu Best AREight menyarankan untuk Anda melakukan pembersihan Drive C. lakukan juga uninstall dari progam dan juga aplikasi yang dianggap membuat berat kinerja laptop untuk memperbaiki kinerjanya.

  • Gunakan colling pad

Colling pad disini berguna untuk menjaga suhu pada laptop agar laptop tidak terlalu panas. Apabila laptop dibiarkan dalam kondisi panas, akan menyebabkan laptop menjadi lemot.

  • Gunakan thermal paste

Thermal paste disini digunakan untuk mendinginkan dan menjaga suhu prosesor agar tidak cepat panas. Suhu prosesor yang stabil tentunya dapat membantu kinerja laptop menjadi lebih stabil dan tidak cepat lemot.

  • Gunakan aplikasi pemacu kinerja laptop

Cara agar laptop Anda tidak lemot saat digunakan adalah dengan menggunakan aplikasi yang dapat mendukung kinerja laptop agar menjadi lebih cepat. Contoh aplikasinya adalah CCleaner, Razer Game Bosster, IObit Adnvaced SystemCare dan lain sebagainya.